Minggu, 18 Oktober 2009

Tiga Stadion Tak Layak Pakai untuk ISL


VIVAnews - Klub-klub peserta Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010 harus memperbaiki lapangan pertandingan. PT Liga Indonesia memberikan nilai buruk bagi Stadion Kanjuruhan (Arema Malang), Stadion Surajaya (Persela Lamongan) dan Stadion Pendidikan (Persiwa Wamena).

“Khusus Persiwa, kami sudah melayangkan surat peringatan agar tidak menggunakan Stadion Pendidikan sebagai tempat berlatih,” ungkap CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono.

Joko menyatakan, kondisi rumput pada tiga stadion tersebut memprihatinkan. Kerataan lapangan pun sangat kurang.

“Kalau bagian stadion lainnya tidak mengkhawatirkan. Hanya kondisi rumput dan kerataannya yang kurang. Bahkan, kondisi lapangan Stadion Surajaya itu sangat keras kalau tidak ada air. Tapi, semuanya berubah menjadi gembur saat terkena air. Kondisi seperti ini jelas mengurangi kenyamanan jalannya pertandingan. Mereka harus perbaiki lapangan dalam waktu dekat,” kata Joko.

Tempat latihan yang terpisah dari lapangan pertandingan juga menjadi syarat mutlak klub ISL, karena terkait aspek infrastruktur. Lalu yang jadi pertanyaan bagaimana proses verifikasi Liga yang akhirnya mengizinkan klub menggunakan stadion tersebut.

“Kondisi lapangan home ground Persiba Balikpapan juga agak bermasalah, tapi kalau Persebaya Surabaya bagus. Kami mengirimkan surat kepada beberapa klub, terkait lisensi klub profesional. Mereka harus memiliki lapangan latihan sendiri. Sebenarnya asalkan perawatan lapangannya bagus, kondisi rumput dan kerataannya pasti bisa dijaga,” terang Joko.

Ancaman evakuasi pertandingan home juga membayangi Arema, Persela dan Persiwa. Sebelumnya, Pelita Jaya terbelit dengan kondisi rumput Stadion Singaperbangsa, Karawang.

“Kami memberi kesempatan kepada klub tersebut untuk melakukan perbaikan. Kalau tetap tidak ada perubahan sampai laga home berikutnya, mereka harus bermain di tempat lain,” tegas Joko.

Laporan: Artha Tidar/GOSport

• VIVAnews
Salam Satu Nyali!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket