Senin, 26 Oktober 2009

Asean Berminat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia


Bangkok- Perhimpunan Negara Asia Tenggara (Asean) siap untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama turnamen sepakbola Piala Dunia.

Namun, Asean menyerahkan keputusan kepada Indonesia apakah tetap terus berupaya menjadi calon tunggal tuan rumah Piala Dunia 2022 atau menggandeng sesama anggota Asean menjadi tuan rumah bersama turnamen olahraga paling bergengsi di muka bumi itu.

Demikian ungkap Perdana Menteri Thailand yang juga merangkap Ketua ASEAN, Abhisit Vejjajiva. Seperti dikutip laman harian The Bangkok Post, Abhisit mengungkapkan wacana dari para anggota Asean mengenai gagasan tuan rumah bersama Piala Dunia.

Namun, Abhisit tidak menjelaskan lebih lanjut, seperti target waktu penyelenggaraan Piala Dunia. Dia hanya mengungkapkan bahwa saat ini baru ada satu anggota Asean yang berniat menjadi tuan rumah, yaitu Indonesia.

"Indonesia saat ini telah mengusulkan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. [Namun] Indonesia akan menentukan apakah juga akan menggandeng anggota-anggota Asean untuk turut serta dalam pencalonan ini," kata Abhisit di sela-sela Konfrensi Tingkat Tinggi Asean di Hua Hin, Thailand, Minggu (25/10/2009).

Sebagai Ketua Asean tahun ini, Thailand menggelar KTT Asean, yang juga dihadiri Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Belum ada tanggapan dari Indonesia mengenai pernyataan dari Abhisit itu.

Namun, sebelumnya, Menteri Keuangan Thailand juga mengungkapkan wacana Asean bisa menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia. Menteri Keuangan Korn Chatikavanij, Jumat pekan lalu, mengungkapkan bahwa dia telah membicarakan wacana ini di beberapa forum bisnis sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak ekonomi sepuluh anggota Asean.

Seperti dikutip laman harian The Straits Times, Korn mengungkapkan bahwa isu ini bisa saja dibicarakan dalam KTT Asean. "Ini harus dibicarakan dalam diskusi informal, namun, menurut saya, Asean punya potensi untuk menyelenggarakan Piala Dunia," kata Korn. Asean beranggotakan Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam, Singapura, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Korn merujuk kepada Jepang dan Korea Selatan, yang sukses menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2002. Itu merupakan kali pertama Piala Dunia diselenggarakan di dua negara. [air]
Sumber : vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket