Selasa, 27 Oktober 2009

Takatoshi Terkendala Bahasa, Masa Visa Terbatas, Tuntut Kepastian



SURABAYA - Untuk kali pertama, Takatoshi Uchida beraksi di hadapan publik Surabaya. Pemain asal Jepang yang mengikuti seleksi di Persebaya Surabaya itu ikut dalam sesi latihan di Stadion Gelora 10 Nopember kemarin (26/10).

''Senang sekali akhirnya bisa berlatih bersama Persebaya,'' ucap pemain yang biasa dipanggil Taka tersebut setelah berlatih. ''Cuaca di sini cukup panas. Tapi, itu tidak masalah,'' tambahnya.

Taka sudah berada di Surabaya sejak Minggu lalu (25/10). Namun, pemain Albirex Niigata, klub Jepang yang berkompetisi di Liga Singapura (S.League), itu baru kemarin diundang untuk mengikuti seleksi di Persebaya.

Bagi Taka, tampil pada sesi latihan Persebaya bukan masalah. Yang jadi problem adalah bahasa. Dia tidak bisa berkomunikasi secara baik dengan pemain bertahan lainnya. Padahal, komunikasi sangat diperlukan untuk menggalang kerja sama antar pemain. Terlebih dengan posisi Taka sebagai pemain belakang. Dia bilang sangat terbantu dengan Anderson da Silva yang bisa berbahasa Inggris.

Di hari pertama kemarin, Taka tampak bisa menguasai keadaan. Dia bahkan sudah berani ''memerintah'' pemain lain yang menjadi tandemnya di sentral pertahanan. Kebetulan, di latihan game kemarin, dia dipasangkan dengan defender muda Sofy Hermawan.

Pelatih Persebaya Danurwindo menyatakan belum bisa menilai penampilan Taka. ''Saya lihat dia cukup punya kemampuan memimpin. Tapi, secara teknis maupun mental, susah untuk menilai dari hanya sekali berlatih,'' ungkapnya.

Danur -sapaan Danurwindo- memberikan kesempatan kepada Taka untuk tampil di laga uji coba melawan klub internal Persebaya. Menurut rencana, laga itu diadakan besok (28/10) atau lusa (29/10). Pada laga itulah akan dievaluasi bagaimana kemampuan Taka yang sesungguhnya.

Namun, agenda uji coba tersebut memberatkan kubu Taka. Sang agen, Ricky Nelson, meminta pemainnya segera mendapatkan kepastian. Dia berharap agar nasib Taka secepatnya diputuskan. Maksimal pada Rabu besok (28/10). ''Waktunya sangat singkat. Visa Taka ini on arrival. Rabu (28/10) dia harus kembali,'' ujar Ricky. Di sisi lain, batas pendaftaran pemain di Indonesia Super League (ISL) dijadwalkan tutup pada 30 Oktober.

Sementara itu, penyerang asal Kamerun Ngon a Djam tidak menampakkan diri pada sesi latihan kemarin. Menurut Cholid Ghoromah, asisten manajer Persebaya, mantan penyerang Sriwijaya FC itu sedang di Jakarta untuk menandatangani Kitas (kartu izin tinggal sementara).

Terkait dengan pemain seleksi, Cholid mengharapkan kedatangan Park Chul-Hyung, bek asal Korea Selatan yang bermain di klub Singapura Super Reds. Pemain tersebut dipantau oleh tim Persebaya yang mengunjungi Singapura pekan lalu. ''Park memang tidak mau diseleksi. Tapi, kami akan menghubunginya lagi. Kalau dia datang, itu akan bagus karena ada pembanding untuk Taka,'' bebernya. (nar/ca)
sumber : jawapos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket