Selasa, 19 Januari 2010

Laga Home Terakhir, Persebaya Wajib Kalahkan Persema

 
Selasa, 19 Januari 2010 08:00:41 WIB
Reporter : M. Syafaruddin


Surabaya (beritajatim.com) - Persebaya di atas angin ketika menghadapi Persema Malang, Rabu (20/1/2010) besok sore di stadion Gelora 10 Nopember. Sebab saat ini Bajul Ijo dalam kondisi bagus-bagusnya. Sedangkan lawannya baru saja menjalani dua kekalahan beruntun lawan Arema dan Persik Kediri.

Tentu kondisi Persema yang menurun dapat dimanfaatkan oleh Bajul Ijo. Apalagi anak buah Danurwindo ini baru saja meraih supremasi kala berhasil menghancurkan musuh bebuyutannya, Arema dengan skor telak 2-0. Tapi perlu diingat, Laskar Ken Arok pernah mengalahkan Persebaya 2-0 dalam semi final Liga Jatim 2009 lalu.

Saat itu dua gol anak buah Subangkit dihasilkan melalui aksi M Kamri dan Semme Patrick. Kamri mencetak gol pada menit keenam setelah memanfaatkan kesalahan dari pemain belakang Persebaya, Anderson da Silva. Sedangkan gol Patrick juga karena kesalahan pemain belakang Bajul Ijo sediri.

"Tentu beda, saat itu tim kita tidak seperti sekarang. Tapi bagi saya, Persema dulu dengan sekarang sama saja. Tapi yang jelas sekarang saya lebih tahu permainan mereka," beber Danur, Selasa (19/1/2010).

Sayang pada pertandingan besok, mereka tidak bisa menampilkan dua pemain andalan di lini tengah, Josh Maguire dan Taufiq. Josh tidak bisa merumput lantaran masih dalam hukuman Komdis PSSI, sedangkan Taufiq yang mencetak gol pertama ke gawang Arema harus absen lantaran akumulasi kartu kuning.

Selain itu, wing kanan Persebaya, Anang Ma'ruf juga belum bisa main. Meski sudah bisa mengikuti latihan, namun Anang harus beristirahat hingga putaran kedua mendatang. Sedangkan wing kirinya, Mat Halil trancam tidak bisa main karena ada luka di kaki kirinya.

"Ada lecet sedikit, dan mulai membesar. Saya tidak tahu apa bisa main apa tidak," ucap Halil kepada beritajatim.com.

Tapi hal itu tidak berarti bagi Danur, sebab dirinya sudah menyiapkan dua nama untuk mengisi posisi Taufiq, yakni Arif Ariyanto dan Wijay. Sedangkan untuk Josh, posisinya akan diisi pemain muda, Lucky Wahyu. Satrio Syam kemungkinan besar juga akan diturunkan untuk menggantikan pos Halil.

"Kemarin kita berhasil karena pemain jalankan intruksi yang diberikan. Arema punya pemain berbahaya di kanan dan kiri serta strikernya. Tapi kemarin pemain depan Arema tidak punya kesempatan. Itu karena kita berhasil mematikan kedua wing dan strikernya," kata Danur.

Lanjutnya, dia juga harus memperbaiki lini belakang. Ia meminta pemainnya untuk memulai serangan dari belakang, tapi tidak dengan cara long pass, melainkan dari kaki ke kaki.

Dalam hal ini, Danur menyebutnya dengan build up from behind. Tak hanya itu, ia juga mengkritik pemainnya yang sering amburadul dalam mengambil posisi.

"Tapi pemain masih banyak melakukan pelanggaran yang tidak berarti di daerah sendiri. Untuk itu besok saya tidak mau ada lagi corner kick dan free kick yang tak berarti," sambung mantan pelatih Persija Jakarta itu.

Dari empat pertamuan terkahir di Surabaya, Persebaya tak pernah kehilangan poin atas Persema. Bahkan musim lalu mereka menggebuk M Kamri cs dengan skor telak 6-1. Selain itu, rekor away Persema musim ini juga buruk, dari delapan kali away, mereka hanya dua kali menang, satu kali seri dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Jika Persebaya berhasil menggusur Persema, maka mereka akan terangkat ke posisi empat menggusur Persema. Dan kemenangan pula yang menjadi target utama pelatih Danurwindo. "Kita main di kandang, tidak ada kata lain selain main fight dan menang," pungkasnya.

Untuk pertandingan besok, kemungkinan posisi kiper akan dipercayakan pada Endra Pras. Tiga pemain belakangnya adalah, Taka Uchida, Anderson da Silva dan Djayusman Triasdi. Sedang lima pemain tengahnya adalah, Satrio Syam, Lucky Wahyu, Arif Ariyanto, Supriyono dan John Tarkpor. Duet Andi Oddang dan Ngon A Djam kemungkinan menjadi pilihan utama Danur.[sya/eda]
bejat.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket