Selasa, 19 Januari 2010

Atur Tenaga Siasati Jadwal



Tanpa Taufiq dan Josh Maguire Lawan Persema

SURABAYA - Persebaya Surabaya bertekad menaklukkan Persema Malang untuk menutup laga home terakhir pada putaran pertama dengan manis. Namun, Green Force -julukan Persebaya- harus berhitung cermat. Sebab, mereka dituntut cermat dalam menurunkan pemain.

Pada laga melawan Laskar Ken Arok (julukan Persema), Persebaya tak bisa menurunkan dua gelandang energik, Taufiq dan Josh Maguire. Taufiq absen karena telah mengantongi dua kartu kuning. Sebelum diganjar kartu kuning ketika menghadapi Arema, Taufiq menerima kartu kuning saat Persebaya menjamu Persisam Samarinda pada 18 Oktober 2009.

Josh tidak bisa diturunkan karena menjalani skors satu pertandingan dari Komdis PSSI. Pemain asal Australia itu disanksi karena menginjak pemain Persik Wawan Widiantoro.

Pelatih Persebaya Danurwindo mengatakan, pihaknya harus merotasi pemain. Menghadapi Persema, Danur -sapaan Danurwindo- mengatakan masih punya beberapa pilihan di lini tengah. Di antaranya Wijay, Lucky Wahyu, dan Arif Ariyanto.

Rotasi tersebut juga bertujuan untuk menyiasati padatnya jadwal. Pada 16 Januari-26 Januari, Mat Halil dkk harus melakoni empat pertandingan. Setelah menghadapi Arema (16/1) dan Persema (20/1), Persebaya melawat ke kandang Persib Bandung (23/1) dan Sriwijaya FC (26/1). Karena itu, dia mengakui bahwa timnya rentan keletihan.

Karena itu, dalam latihan rutin kemarin di Gelora 10 Nopember, Danur hanya menjalankan program rekondisi pemain. Dia menyampaikan, salah satu kunci keberhasilan mengatasi Arema adalah disiplin dan menjalankan instruksi pelatih dengan baik.

''Ketika itu, kami berupaya menahan pergerakan dua sayap Arema dan mengawal ketat penyerangnya,'' ucap dia. Di sisi lain, barisan depan Persebaya terus mengganggu lini belakang Singo Edan -julukan Arema. Danur ingin strategi tersebut kembali dijalankan saat menghadapi Persema. "Terutama, membangun serangan dari belakang ke depan," tuturnya. (uan/diq)jawapos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket